Cara Download Torrent File

Posted on 12. Nov, 2010 by in Internet, tutorial

Bagi yang suka koleksi film, aplikasi-aplikasi bajakan, game, pornografi dan hal-hal yang bebau haram lainnya mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya torrent.

Sebenarnya apa sih torrent itu ?
Torrent adalah suatu sistem berbagi file yang berbasis peer to peer (p2p). Di dalam torrent tidak ada server dedicated, maksudnya semua orang yang sedang mendownload suatu file maka secara 0tomatis menjadi server itu sendiri. Logikanya, semakin banyak orang yang download maka akan semakin cepat pula kecepatan downloadnya.

Apa seh Bedanya dengan download file biasa ?
Klo kita mendownload file melalui web (http) kita hanya mebutuhkan browser, kemudian kita bisa langsung mendownload file yang kita inginkan ke komputer kita, setelah selesai kita bisa langsung menggunakannya. Di dalam torent sebelum kita mendownload suatu file, kita harus terlebih dahulu menownload torrent nya. Yaitu suatu file berektensi .torrent yang berukuran kecil (biasanya cuma beberapa KB) yang berisi semacan info file terhadap suatu file tujuan yang akan di download. setelah itu double klik untuk menjalankannya, secara otomatis aplikasi torrent client yang kita install (misal kita udah install utorrent) akan langsung mendownload nya.

Beberapa contoh file torrent, saya menggunakan utorrent dalam contoh ini.Nama file torrent biasanya identik dengan nama file tujuan yang akan di download.

download-torrent

Cara Download File Torrent
Sebelum kita bisa men download melalui torrent terlebih dahulu kita harus menginstall aplikasi torrent client. Aplikasi torrent client saat ini yang paling ngetop adalah uttorent dan bitTorent. Selanjutnya kita bisa mengunjungi situs-situs pencari dan penyedia file torrent, yang paling mantabs adalah thepitaebay.org ada juga isohunt.com dll.

Download utorrent atau Download BitTorrent

download-torrent

Setelah kita mendapatkan torrent nya kemudian kita bisa langsung menjalankannya, double klik file torrent yang sudah di download, maka secara otomatis aplikasi torrent client kita akan melakukan tugasnya hingga selesai.

Download torrent bersifat auto resume, artinya jika dowload yang belum selesai bisa dilanjutkan kapan sajah, walau komputer dimatikan, maka ketika hidup dia akan secara otomatis melanjutkan proses download file torrent yang belum selesai.

download-torrent

Yang perlu diperhatikan ketika download torrent adalah jumlah seeder dan leecher. Seeder adalah mereka yang sudah selesai mendownload 100%, dan leecher adalah mereka yang belum selesai download. Bagi yang sudah selesai download dia akan secara otomatis menjadi seeder/server buat yang belum selesai download dengan cara mengirimkan potongan-potongan file kepada orang lain.

Seseorang yang sedang download torrent sekaligus juga menjadi uploader buat user yang lain. Semain banyak yang download otomatis akan semakin mempercepat download, beda dengan kalau kita download via http, semakin banyak yang download maka akan semakin lambat.

PERHATIAN : Menggunakan dan menyebarkan barang bajakan melalui internet dapat dikenakan undand-undang ITE. Tutorial ini ditujukan hanya untuk pembelajaran, penulis tidak bertanggung jawab atas penggunaan tutorial ini untuk tindakan melawan hukum

Tags: , , , , , , ,

Untuk berlangganan artikel dan tutorial menarik
Silahkan masukan email pada kolom dibawah ini GRATIS..!

Dijajapkeun ku FeedBurner

One Response to “Cara Download Torrent File”

  1. tukangleech@kaskus 13 September 2011 at 10:12 pm #

    Kalau mau mendownload torrent melalui web seperti torrific. Download aja dari sini http://simple-aja.info/889/torrentbox-leech/

    Karena yang mendownloadkan servernya, prosesnya sangat cepat, sama seperti rapidleech. nantinya kita cukup mendownload hasilnya dengan idm.


Leave a Reply

*