Apa itu Mikrotik : RouterOS dan RouterBoard

3

Tulisan ini di dedikasikan khusus buat pengunjung nadasumbang.com khususnya yang sedang giat-giatnya belajar mikrotik baik yang baru berkenalan atau yang sudah meulai melangkah sedikit demi sedikit belajar mikrotik.

Banyak yang tanya, terutama yang belum tahu mikrotik, bahwa mereka umumnya bingung yang disebut mikrotik itu apa sih ? router OS yang di install di PC atau routerBoard mikrotik seperti RB750, RB450 dll. Lantas mereka juga tanya, bahwa apa sih perbedaan dari routerOS mikrotik dengan routerBoard Mikrotik itu.

Melihat hal tersebut, akhirnya saya ingin mengupas sedikit lebih dalam tentang apa itu mikrotik, routerOS, routerBoard dan perbedaan ataupun persamaan dari keduanya.

mikrotik router os

RouterBoard
Adalah suatu hardware khusus yang didesign untuk menjalankan RouterOS Mikrotik sehingga bisa menjadi sebuah router yang handal.

RouterOS
Mikrotik RouterOS adalah sebuah sistem operasi yang berfungsi mengubah PC (komputer) atau RouterBoard menjadi sebuah router. RouterOS terbaru saat ini adalah versi 5.7. Pada dasarnya RouterOS merupakan sistem operasi Mikrotik RouterBOARD yang berbasis Kernel Linux v2.6.

RouterBoard (RB) Mikrotik
RouterBoard Mikrotik adalah sebuah router yang didalamnya berisi RouterOS yang sudah di install di dalam sebuah Board (seperti motherboard komputer). misalnya RB750, Rb450, RB433, dll.

Jika anda masih bingung saya akan ambil satu buah contoh, misal mikrotik RB750. Router ini sudah sangat banyak yang menggunakan dikarenakan harganya yang sangat terjangkau. Didalam RB750 ini ada sebuah board yang terdiri dari 5 port ethernet, tombol reset dan konektor untuk adaptor/power. kemudian board tersebut di install routerOS oleh mikrotik dan selanjutnya dijual ke pasaran dengan diberi nama RB750 hinga akhirnya sampai ketangan anda.

Persamaan dan Perbedaan
RB450, RB750, RB433, RB800 dan lainnya berisi RouterOS yang sama, yang membedakannya hanya pada spesifikasi hardwarenya dan tingkatan lisensi nya saja.

Anda jangan berfikir jika anda membeli Mikrotik RB450 itu softwarenya lebih bagus dibanding membeli RB750 dikarenakan harganya lebih mahal dibanding RB750. Versi mikrotik routerOS bisa anda install sesuka hati mulai dari versi 3 hingga versi 5. Yang perlu anda perhatikan adalah license levelnya karena ini sesungguhnya yang membedakan RouterBoard anda disamping juga spesifikasi hardwarenya dimana RB450 memiliki processor dan RAM yang lebih tinggi.

Versi RouterOS dan Lisensi
Versi RouterOS bisa anda download dan install di dalam routerboard anda secara gratis. Yang perlu anda beli hanyalah lisensinya. Lisensi level dan versi adalah dua hal yang berbeda. Anda bebas melakukan upgrade maupun downgrade versi routerOS sepanjang mengikuti ketentuan upgrade/downgrade yang ada. akan tetapi anda harus mebayar jika ingin upgrade lisensi dari level 4 kelevl 5 atau 6.

Mikotik memberikan keleluasaan kepada user apakah mau menggunakan RouterOS yang bisa di install pada PC atau menggunakan RouterBOARD yang sudah terinstall RouterOS didalamnya. Mikrotik menyediakan RouterBOARD dari mulai versi low-end yang cocok untuk Warnet/SOHO (RB750) maupun versi high-end yang cocok digunakan untuk setingkat perusahaan besar maupun ISP (RB1100).

Share.

About Author

Saya adalah pendiri sekaligus pengelola nadasumbang.com yang fokus membahas seputar jaringan dan mikrotik. Sehari-hari saya bekerja sebagai "buruh jaringan" di salah satu ISP di Jakarta. Selain itu saya juga tertarik terhadap design grafis dan webdesign. Saat ini saya mengelola 10 website yang di hosting pada satu VPS digitalocean.

3 Comments

  1. @agus

    Rb411 itu radionya sedangkan r52 itu minipci nya. R52 hrs dipasang di slot yg ada di rb411

Leave A Reply

Current ye@r *